Keren, Air Terjun Mataru

  • Whatsapp

Desa Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru

detikTravel Community – Keindahan pantai di Alor tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun selain itu, Alor juga punya Air Terjun Taman Mataru yang cantik.

Bacaan Lainnya

Alor merupakan salah satu pulau dari 92 pulau Indonesia yang merupakan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara Republik Democrat Timor Leste (RDTL).

Alor memiliki jumlah penduduk dan luas wilayah kurang lebih 2.865 KM dan memiliki 20 buah pulau. Ada 11 pulau yang belum berpenghuni dan sembilan pulau berpenghuni.

Ya, Alor. Namanya memang singkat, tetapi soal wisata alam, wisata laut, wisata budaya tidak sesingkat namanya. Alor itu surga bagian timur, itulah sebutan yang pantas bagi negeri 1000 Moko ini.

Air terjun Taman Mataru merupakan salah satu air terjun tertinggi di Alor dari sekian air terjun yang memang belum dijajaki, tapi keberadaannya sangat jelas seperti air terjun 6 tingkat di Mainang, Air Terjun di Pandai (Pantar).

Air Terjun Taman Mataru terletak di Desa Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru. Warga setempat menyebut dengan nama Beintal.

Untuk mengakses ke tempat ini, dapat melalui jalur darat dengan kendaraan beroda dua atau empat. Membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari ibukota kabupaten Alor.

Sampai di Desa Legiman, pengunjung harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 Km dari perkampungan karena letaknya jauh dari pemukiman warga.

Sesampai di tempat air terjun ini, pengunjung disambut dengan udara dingin dan segar yang dipancarkan dari sumber terjunan. Udara yang dingin dan segar inilah yang membuat pengunjung tidak pernah berhenti mengunjunginya.

Menurut warga setempat, hampir dalam seminggu banyak pengunjung dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke sana.

Akses jalan, transportasi dan komunikasi masih menjadi perhatian serius agar terjun ini dapat mudah diakses oleh banyak pengunjung.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait