Uniknya Wisata Pantai Utanggal Wakapsir, Dijamin Bikin Nyaman

oleh -52 Dilihat
oleh

SIFALA, LENSANUSAKENARI.NET – Cantik nan mempesona, demikian kata yang cocok untuk menyebutkan sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang membentang luas di pesisir Selatan Kabupaten Alor yakni di Sifala Desa Wakapsir. Pantai Utanggal, demikian orang-orang menyebutnya pantai yang merupakan kembaran dari pantai Ling’al. Baru-baru ini, media ini melakukan safari ke pantai tersebut dalam rangkah mengikuti pembukaan Camp Pemuda Klasis Abad yang berlangsung di Sifala, Desa Wakapsir nampak jelas hamparan pasir putih memanjakan mata disambut deruhnya lautan menggetarkan dada bak gembira ria menyambut pengunjung.

Hamparan Pasir Putih, Foto : Bu Will

Pantai Utanggal ini memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki panjang hamparan pasir putih paling kurang 1 km dengan luas 50an meter, pesona pantainya yang masih gadis belum disentuh oleh rusaknya alam. Pantai ini sudah mulai dikenal dari berbagai postingan warga setempat dan barulah beberapa tahun terakhir ini sudah mulai ditata dengan baik. Saat ini pemerintah desa bersama dengan masyarakat setempat sedang membangun sarana penunjang. Nampak sedang di bangun MCK, lopo-lopo dan juga penampungan sampah dan sarana lainnya. Sementara untuk jaringan komunikasi saat ini menggunakan tower BTS dengan operator layanan IM3 Indosat.

Bu Inul Salah Satu Pengunjung Pantai Utanggal, Foto : Bu Will

Untuk sampai ditempat ini bisa menggunakan akses darat dan laut. Akses darat bisa menggunakan kendaraan beroda dua dan kendaraan beroda empat dengan menghabiskan waktu tempuh kurang lebih dua sampai tiga jam perjalanan. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju tempat ini belum diaspal ataupun belum baik (belum diperhatikan maksimal) dan menjadi pergumulan tersendiri beberapa desa yang berada di Kecamatan ini.  Sementara, akses laut bisa menggunakan perahu motor ataupun  speed boat dengan menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 jam. Selama perjalanan baik darat maupun lautan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona dan rasa capek dan lelah akan terbayar dengan sendirinya.

Saat ini juga sudah ada icon baru yakni telah dibangun huruf balok nama pantai bertuliskan “Utanggal” yang dikerjakan oleh pemuda-pemudi gereja peserta Camp Pemuda Klasis Alor Barat Daya (Abad) yang melakukan kegiatan di desa ini. Disaksikan media ini pada Kamis (07/07) dilakukan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd usai mengikuti pembukaan Camp Pemuda tersebut.

Dengan hadirnya pemerintah daerah dan propinsi pada momentum Camp Pemuda ini, semoga akan membawa angin segar dan menjawab senyum air mata harapan masyarakat akan pergumulan jalan dan jembatan yang sudah berabad-abad tidak diperhatikan, karena sesungguhnya wilayah pesisir Abad dan Abad Selatan seperti Buraga, Wakapsir, Kuifana dan Wakapsir Timur sungguh sudah berabad-abad menyimpan kekayaan alam yang begitu indah tidak hanya Pantai Utanggal, ada juga sumber mata air panas, lokasi tambang emas, dan juga Danau Kuifana dan masih banyak tempat yang belum terekspos.

Akhirnya, Kamu yang hobi pertualang? Hayok gunakan kesempatan untuk datang kesini, habiskan liburmu bersama orang-orang tersayang. Kalau dia bikin kecewa, admin jamin Utanggal tidak bikin kecewa. Utanggal Menunggumu…!!

VIDEO SELENGKAPNYA

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Media ini adalah Citizen Journalism yang hadir dengan Gaya Milenial | Kontak Redaksi, E-mail : lensanusakenari@gmail.com | Alamat : Fanating, Alor, NTT