Waspada Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Kedepan, Ini Rilis BMKG NTT

KUPANG, LENSANUSAKENARI.NET – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi El Tari Kupang pada Rabu (23/02) merilis bahwa Saat ini wilayah NTT berada di periode musim hujan. Suhu muka laut di NTT cukup hangat didukung pula adanya gelombang equatorial Rossby dan Kelvin di wilayah NTT serta sirkulasi siklonik di utara Australia atau perairan selatan NTT menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan (konvektif) di NTT dengan kondisi cuaca hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Waspada potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir rob (banjir di wilayah pesisir), tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, dan sambaran petir.

Bacaan Lainnya

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.

Berikut ini jadwal dan cuaca dibeberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur yang didapat LENSANUSAKENARI.NET melalui WhatsApp dari bagian Publikasi Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Siang (23/02).

Tangkapan Layar Rilis Station Meteorologi El Tari Kupang.

Tetap waspada saat beraktivitas diluar rumah. Semoga kita semua sehat selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. (Bu Will)

Banner IDwebhost

Pos terkait