Suasana Haru Warnai Perpisahan Mahasiswa UNTRIB Di SMK N 3 Kalabahi

  • Whatsapp

Moument Perpisahan Mahasiswa PPL Bersama Guru SMK N 3 Kalabahi. (Foto : Gitur)

Kalabahi LENSANUSAKENARI.NET, Setiap tahun Universitas Tribuana Kalabahi Rutin menempatkan Semester VII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk melakukan Praktek Pengalaman Lapangan diberbagai sekolah yang tersebar diKabupaten Alor.

Bacaan Lainnya

SMK Negeri 3 Kalabahi menjadi salah satu sekolah yang menjadi lokasi penempatan Mahasiswa PPL Fakultas Keguruan dan Pendidikan dan kini telah selesai melaksanakan tugasnya PPL nya di SMK Negeri 3 Kalabahi.

Pada saat selesai melaksanakan Tugas PPL, Tim Mahasiswa yang ditempatkan di SMK Negeri 3 Kalabahi di lepaskan dengan Cerimonial pelepasan di Kantor ruang guru SMK Negeri 3 Kalabahi Rabu (23/12/2020).

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan program studi Bahasa Inggris dan Agama yang ditempatkan PPL di SMK. Negeri 3 Kalabahi yaitu Adrianus Olang, Apolostius Balol dan Ananias Bayang, didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan Adolvina Oaleng dan Ibu Agustina Aloojaha, S.H.,M.Li.

PPL dilakukan Selama 3 Bulan berturut – turut yakni sejak Tahap Observasi tanggal Sabtu (26/9/2020) sampai dengan Selasa (22/12/2020).

Dalam Acara Pelepasan Mahasiswa Untrib yang telah selesai melaksanakan PPL di SMK Negeri 3 Kalabahi, Kepala Sekolah SMK N 3 Kalabahi, Farida Laumal, SE mengungkapkan rasa terimakasih kepada Universitas Tribuana Kalabahi yang telah mempercayakan SMK N 3 Kalabahi sebagai tempat Mahasiswa melakukan PPL, sekaligus juga menyampaikan harapannya kepada ke tiga mahasiswa PPL tersebut agar terus belajar agar kedepannya benar – benar dapat menjadi tenaga pendidik profesional di Kabupaten Alor.

“Saya sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kalabahi atas nama Pribadi dan Sekolah mengucapkan terimakasih kepada Universitas Tribuana Kalabahi yang telah memilih dan mempercayakan SMK Negeri 3 Kalabahi sebagai Mitra yang menjadi Wadah bagi ketiga mahasiswa ini untuk mempraktekan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan secara langsung kepada siswa/siswi di SMK N 3 Kalabahi. SMK N 3 Kalabahi sendiri sudah beberapa kali dipercayakan untuk menjadi mitra UNTRIB Kalabahi. Bagi ketiga Mahasiswa Saya Berharap agar terus serius menekuni pendidikan yang sedang dijalani agar suatu saat dapat menjadi tenaga pendidik profesional dan dapat menggantikan guru- guru yang saat ini ada. Saya juga meminta maaf apabila selama teman- teman mahasiswa praktik ada kekurangan dan hal- hal yang tidak menyenangkan, kiranya dapat dimaklumi”.Ungkap Farida Naumal.

Mahasiswa PPL FKIP saat Kegiatan Perpisahan dengan SMK Negeri 3 Kalabahi. (Foto : Gitur).

Adolvina Oaleng, MA.,M.Th selaku Dosen Pendamping Lapangan menyampaikan Terimakasih Kepada SMK Negeri 3 Kalabahi yang telah bersedia menerima mahasiswa PPL. Ia menyampaikan bahwa UNTRIB Kalabahi dan SMK Negeri 3 Kalabahi sudah beberapa kali menjadi mitra sehingga ia berharap hal ini terus dijaga. Ibu Adolvina juga berharap kepada Mahasiswa yang melakukan PPL agar ilmu yang didapat ditempat PPL dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna saat menjadi tenaga pendidik profesional setelah menamatkan pendidikannya di Universitas Tribuana Kalabahi.

“Terimakasih Kepada SMK N 3 Kalabahi yang sudah menerima dan bersedia menjadi tempat bagi ke tiga mahawasiswa. Memang kemitraan antara UNTRIB Kalabahi dan SMK N 3 Kalabahi sudah terjalin lama, dan mahasiswa UNTRIB Kalabahi menjalani PPL di SMK N 3 Kalabahi ini bukan yang pertama kali. Selanjutnya, bagi ketiga mahasiswa yang telah selesai mengikuti PPL, Ilmu yang di dapat selama menjalani praktek dapat di pergunakan sebaik mungkin sehingga dapat berguna saat nanti sudah tamat dan menjadi tenaga pendidik profesional.

Ananias Bayang, Salah Satu Mahasiswa Peserta PPL yang juga merupakan Ketua HMPS Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, mengungkapkan rasa syukurnya biasa mengikuti PPL, Ia mengaku akan terus bersedia membantu walaupun sudah tidak bertugas dan PPL di SMK N 3 Kalabahi. Ananias juga menyampaikan terimakasih Kepada pihak sekolah dan seluruh siswa/i yang mendukung dan koperatif selama ia menjalani PPL, sehingga ia merasa sangat terbantu.

“Saya sangat senang dan bersyukur bisa mendapat kesempatan menjalani PPL secara langsung karena dengan hal ini saya bisa langsung merasakan bagaimana praktik nyata di dunia pendidikan yang sesungguhnya, saya juga berterimakasih karena selama 3 bulan PPL disini saya merasa sangat terbantu baik dari pihak sekolah yang begitu koperatif maupun siswa/i dalam keaktifannya. Oleh karena itu saya berharap bahwa walaupun saya sudah selesai bertugas dan menjalani PPL di SMK Negeri 3 Kalabahi namun saya secara selalu bersedia membantu. Selain itu, saya baik secara pribadi maupun bersama kedua teman saya secara tim menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjadi mahasiswa PPL ada kekurangan dan kesalahan yang kami perbuat baik secara sengaja maupun tidak sengaja”. Pungkas Ananias Bayang. Selasa (22/12/2020). (Gitur)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait