Siap-siap Awal Tahun 2021, Kemenpan RB Buka Seleksi CPNS

  • Whatsapp
Ilustrasi CPNS 2021 /Sumber/prfmnews

Nasional, lensanusakenari.net, Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) angkat suara terkait isu Penerimaan CPNS 2021. Menurutnya, seleksi CPNS 2021 akan jauh berbeda dengan tahun 2017, 2018 dan 2019 yang mana pada tahun tersebut dilakukan pada akhir tahun, akan tetapi rencananya pada 2021 akan dibuka pada awal tahun.

Bacaan Lainnya

“Sekitar bulan Maret akan kita buka (jadwal seleksi CPNS 2021),” ujar Menpan RB, Tjahjo Kumolo, Rabu(4/11/2020 seperti dikutip pada laman tribunjakarta.

Namun, Tjahjo belum merinci berapa jumlah formasi yang akan dibuka pada rekrutmen CPNS 2021 itu. Hal ini karena pihaknya masih akan berkoordinasi dengan instansi atau lembaga hingga pemerintah daerah.

“Belum, karena CPNS 2019 lalu juga masih banyak formasi kosong dan kami juga mengimbang supaya tidak asal rekrut dan harus sesuai kompetensinya,” demikian ungkap Tjahjo.

Soal formasi kosong di CPNS 2019 akan dialihkan ke 2021, meski demikian pengalihan ini tetap memperhitungkan kebutuhan nyata dan instansi masing-masing.

“Formasi yang kosong dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021. Namun, pengalian ini tetap memperhitungkan kebutuhan nyata dari instansi masing-masing.” ujar Tjahji dalam keterangan tertulis kepada wartawan. Minggu (1/11/2020).

Sebab menurut dia, seringkali instansi menyusun formasi atas dasar keinginan atau bukan atas dasar kebutuhan.

“Terlebih lagi dengan adanya era kenormalan baru, dimana banyak bidang pekerjaan yang pada kenyataan tidak memerlukan begitu banyak pegawai,” kata dia.

Terkait formasi akan bisa berkurang karena dengan perkembangan teknologi pekerjaan akan dikembalikan ke dalam sistem.

“Benar formasi bisa berkurang dengan sistem kerja kenormalan baru dan disiplin protokol kesehatan dan tetap produktif dan ASN sehat,” tutur Tjahjo.

“Ada beberapa kementerian yang tidak menambah formasi untuk 2021-2022. Tergantung formasi yg dibutuhkan saja. Tidak asal menambah pegawai,” kata dia.

Meski begitu, dia memastikan, berkurangnya formasi tidak akan mengurangi kinerja birokrasi. *tribunjakarta/wm*

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait