Ribuan PTK Belum Verval Ijazah, Ini Kata Kabid PTK Disdik Alor

  • Whatsapp
Info GTK, Verval Ijazah

KALABAHI, LENSANSAKENARI.NET – Verval Ijazah merupakan gabungan dua sumber data yakni data pada dapodik dan data pada perguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar terciptanya validasi data yang akurat demi untuk kepentingan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilingkup Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Sampai sejauh ini, sejumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Kabupaten Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur belum melakukan Verifikasi dan Validasi (Verval) Ijazah bahkan jumlahnya mencapai ribuan.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Alor Suparman Thaib ketika dihubungi LENSANUSAKENARI.NET Sabtu (13/03) mengatakan bahwa verifikasi dan validasi ini sangat penting sehingga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) wajib melakukannya.

“terkait dengan P3K, verval ijazah inikan salah satu syaratnya itu, sehingga perlu penyamaan semua data. Jangan sampai terakhir baru kecewa karena data tidak sesuai dalam hal ini status ijazahnya dan juga lainnya,” ungkapnya via telpon

Ia berharap agar semua guru-guru dapat melakukan verifikasi dan validasi data masing-msing pada akun Info GTK, SIM PKB juga beberapa akun yang menyangkut dengan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).

“harapan kami pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan,kami berharap semua bisa verval sehingga semua dapat tercover,” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebenarnya guru-guru wajib atau selalu memperhatikan akun yang sangat berhubungan erat dengan administrasi guru sehingga yang menjadi hak dan kewajiban gurupun dapat dijangkau.

“sebenarnya gampang untuk guru menyeceknya, tapi karena guru tidak pernah memperhatikan akun-akun yang ada sehingga mereka tidak tahu mereka punya status ini. Jadi seolah-olah pemerintah yang harus menyajikan semuanya itu, padahal Kemendikbud sudah menyediakan platform untuk mereka bisa verval, mereka bisa cek mereka punya status dan bisa ikut PPG atau lain sebagainya yang menjadi hak dan kewajiban dari mereka itu, “

Menutup sambungan telponya, Ia juga menegaskan dalam menjalankan fungsinya sebagai administrator, evaluator penilai dan sebagainya semua harus jalan bersamaan.

“Dalam fungsi administrator ya guru harus urus diri juga, salah satunya ini (verval red) sebagai fungsi administrasi to, pungkasnya mengakhiri diskusi.

Berdasarkan pantauan sampai sejauh ini masih terdapat diskusi-diskusi tentang verifikasi dan validasasi data di sosial media seperti facebook dan whatsapp group.

Berikut ini data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang belum melakukan Verval Ijazah.

(wm)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait