Prihatin Erupsi Ile Ape, GMNI Alor Galang Dana

  • Whatsapp

Kalabahi, LENSANUSAKENARI.NET. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Alor melakukan Aksi Galang Dana Peduli Masyarakat Lembata Selasa (1/12). Aksi yang dilakukan GMNI Cabang Alor ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan yang mendalam terhadap masyarakat lembata yang barus saja mengalami musibah yakni Gunung Ile Apelewolotok yang berada di Lembata kembali mengalami Erupsi yang disertai dengan suara ledakan dan gemuruh pada minggu (29/11) sekitar pukul 09.45. Akibatnya material dan abu vulkanik yang keluar dari gunung menghujani 21 Desa yang tersebar di Kecamatan Ile Ape Kabupaten Lembata dan menyebabkan sebanyak 4.483 warga mengungsi.

Bacaan Lainnya

Aksi Galang Dana GMNI Cabang Alor ini melibatkan 20 Anggotanya dan dilakukan dengan cara berjalan kaki sambil berorasi menggunakan microphone dan memegang dus sebagai wadah dana sumbangan. Aksi dilakukan sejak pukul 09.00 Wita s/d Pukul 13.00 Wita dan berlokasi di seputaran lapangan mini Kalabahi Alor.

Baca juga : Pembantaian di Sigi, GMNI Kutuk dan Desak Negara Berantas Terorisme dan Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi

Aldy D. Mooy Kordinator Umum Aksi Galang Dana Peduli Lembata, yang ditemui saat melakukan aksinya menyampaikan bahwa Aksi yang mereka lakukan merupakan bentuk kepedulian dan rasa persaudaraan dengan masyarakat lembata, ia juga menegaskan bahwa aksi ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan terus dilanjutkan sambil terus melakukan kordinasi dengan pihaknya yang bisa dihubungi di Lembata.

“Tentunya penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap saudara/i kami di lembata yang sedang tertimpa musibah dan akan terus kami lakukan sambil terus berkordinasidengan phiak dari lembata, mengenai apapun yang bisa diusahakan bersama nantinya,” tutur Aldy dalam keterangannya.

Baca juga : Erupsi Gunung Ile Ape, Ini Himbauan Kapolres Alor

Sementara itu, Jamaludin Illu selaku Sekretaris DPC GMNI Cabang Alor yang juga turut terlibat langsung dalam aksi penggalangan dana tersebut menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Alor untuk dapat bergerak memberikan bantuan kepada kabupaten Lembata, karena menurutnya pada tahun 2004 lalu Kabupaten Alor juga pernah mengalami Gempa dan mendapat banyak bantuan, sehingga ia meminta kepada pemerintah Kabupaten Alor agar memiliki kepekaan yang sama untuk dapat membantu Kabupaten Lembata.

“Harapan saya, pemerintah Kabupaten Alor dapat bergerak untuk memberikan bantuan kepada Kabupaten Lembata. Apalagi 2004 Alor juga pernah mengalami gempa, dan itu pertolongan berdatangan dari mana- mana sehingga sekarang ketika Kabupaten Lembata sebagai tetangga yang paling dekat dengan Kabupaten Alor mengalami musibah, pemerintah harus lebih peka untuk cepat membantu,” ujar Jamaludin Illu saat dimintai keterangan Selasa (1/12).

Aksi Penggalangan Dana yang dilakukan GMNI Cabang Alor masih akan terus dilanjutkan pada esok hari sehingga dari GMNI Alor berharap agar seluruh Anggota dapat meluangkan waktunya untuk melibatkan diri dalam aksi tersebut. 

Baca juga : GMKI Kutuk dan Desak TNI-POLRI Tangkap Teroris Pembunuhan Sadis di Sigi, Sulawesi Tengah

Sebelumnya Pemuda Alor Peduli Lembata yang dikoordinir oleh Markus Kari pun melakukan aksi pada Senin (30/11) pukul 15.00 di Lapangan Mini Kalabahi Alor dan hari ini Selasa (01/12) pukul 14.00

Turut melakukan aksi juga dalam misi kemanusiaan ini adalah Ikatan Mahassiswa Muhammadiyah (IMM) Kalabahi dan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Cabang Alor Selasa (01/12).

Terpantau sejumlah mahasiswa dan pemuda yang terlibat dari semua organisasi mahasiswa dan kepemudaan turut turun jalan dalam aksi kemanusiaan ini. (Gitur/wm)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait