Polres Alor Lakukan Operasi Ke Apotik Cegah Kelangkaan Obat

  • Whatsapp

KALABAHII, LENSANUSAKENARI.NET – Mengantisipasi lojakan harga – harga dan kelangkaan obat dan vitamin yang diperkirakan akan diburu masyarakat karena diklaim dapat menyembuhkan atau menangkal virus covid -19 yang di jual di berbagai apotik dan toko obat, Satuan Reserse dan Satuan Narkoba Polres Alor melakukan operasi pengawasan dan penyelidikan di beberapa Apotik yang berada di kalabahi. Kegiatan ini di lakukan untuk mencegah adanya kelangkaan obat ataupun permainan harga di beberapa apotik yang di akibatkan banyaknya minat masyarakat untuk mengkonsumsi obat covid 19 , di tengah meningkatnya kasus covid 19 Propinsi NTT khususnya kabupaten Alor 1 bulan belakangan ini.

Iptu Yohanes Sedudore yang menjabat Kasat Reserse Narkoba Polres Alor memimpin kegiatan tersebut untuk memeriksa Apotik Sinar Surya dan Apotik Yobeanto yang berada di kota Kalabahi, dan dari pemeriksaan itu personil gabungan Sat Reskrim dan Narkoba belum menemukan adanya permainan harga terkait penjualan ataupun penimbunan obat- obatan tersebut pasca banyaknya permintaan dari konsumen.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat tidak panik terkait ketersediaan jenis obat – obatan tertentu untuk covid 19 di wilayah Kabupaten Alor dan mengantisipasi adanya oknum – oknum nakal yang mau mengambil kesempatan dan keuntungan besar di tengah pandemic untuk menimbun jenis obat – obat tersebut. Adapun jenis obat dan vitamin yang diperiksa diantaranya adalah Favipiravir ,Remdesivir ,Oseitamivir , Intravenous Immunoglobin ,Tucilizumab , Azithromycin , Kina , enervon C , vitalong c,vitalife , Ester C , dan Hevit C 43.

Selain itu juga Polres Alor melakukan pemeriksaan di sejumlah toko yang menjual tabung oksigen dan melakukan pengecekan oksigen di sejumlah fasilitas kesehatan baik di RSD Kalabahi dan beberapa puskesmas dalam wilayah kabupaten Alor. Untuk ketersediaan oksigen di RSD kalabahi adalah sebanyak 180 tabung isi oksigen dengan rata2 penggunaan perhari adalah 8 tabung, dan memiliki kompresor pengisian tabung dalam kondisi baik dan siap pakai. 23 tabung diantaranya dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen di IGD khusus covid.

Kegiatan tersebut akan terus dilakukan oleh Polres Alor secara berkala dan apabila ada informasi dari masyarakat tentang perbuatan oknum medis atau penyedia jasa kesehatan yang memanfaatkan situasi pandemic covid 19, Polres alor akan menindak tegas para pelakunya. Jelas Kapolres Alor ketika dikonfirmasi di tempat terpisah.

“Tentunya untuk dapat memantau ini perlu adanya keterpaduan semua pihak sehingga pencegahan terhadap kemungkinan melonjaknya harga obat dan vitamin dapat dihindari, serta ketersediaan oksigen di kabupaten alor untuk perawatan pasien covid 19 di kabupaten alor dapat terus terjaga. Masyarakat tidak perlu panik membeli obat dan vitamin yang belum tentu dibutuhkan, konsultasi saja dengan tenaga kesehatan. Jaga imun tubuh dengan makanan bergizi dan vitamin secukupnya serta disiplin prokes ketat sudah sangat membantu dalam penanganan covid ” imbuh Kapolres Alor.

Sumber : WA Kapolres Alor, 05 Juli 2021 pukul 00.10

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait