Pimpin Tim Ekspedisi Gunung Api Sirung, Langkah Kapolres Alor Waspadai Kemungkinan Erupsi

  • Whatsapp

Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas TS,S.I.K, Foto : Humas Polres Alor

Kalabahi, LENSANUSAKENARI.NET, Rabu 2 desember 2020 dari pelabuhan pelni kalabahi, tim ekspedisi gunung api sirung yang di pimpin langsung Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas TS,S.I.K. yang di ikuti oleh Anggota Polres Alor,BPBD Kab. Alor serta Kodim 1622 Alor berangkat menuju pelabuhan desa Tamakh dengan menggunakan Speed Boat Pol Air dan di lanjutkan menuju Desa Kakamauta kec. Pantar tengah dimana lokasi Gunung berapi Sirung tersebut berada

Bacaan Lainnya

Saat pendakian, tim ekspedisi Gunung Berapi Sirung di temani tim Pengawas gunung berapi, serta masyarakat setempat yang antusias hendak ikut langsung memantau aktifitas gunung tersebut setelah melalui perjalanan yang sangat terjal dan melelahkan tepatnya pukul 12.00 Wita tim Ekspedisi gunung berapi sirung yang dipimpin langsung Kapolres Alor sampai di puncak gunung tersebut serta memantau aktifitas dari gunung berapi sirung secara langsung, dan mendapati aktifitas dari gunung berapi sirung dalam keadaan aktif normal.

Baca juga : Erupsi Gunung Ile Ape, Ini Himbauan Kapolres Alor

Setelah selesai memantau gunung tersebut tim ekpedisi menuruni dan sesampai di pos yang di jadikan titik kumpul, Kapolres Alor memimpin diskusi dengan pengawas gunung api sirung, muspika dan tokoh masyarakat desa yg berada di lereng gunung tersebut mengenai mitigasi bencana dan jalur evakuasi.

Baca juga : Prihatin Erupsi Ile Ape, GMNI Alor Galang Dana

Hal ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi bencana gunung berapi sehingga jika sewaktu -waktu terjadi Erupsi masyarakat sudah mengetahui langkah langkah yang di ambil. Selain itu juga Kapolres bersama tim memberikan bantuan beras kepada warga desa kakamauta kecamatan Pantar tengah sebagai bantuan dampak pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih berlangsung meskipun di wilayah kabupaten Alor sudah kembali ke zona hijau namun Kapolres mengingatkan untuk senantiasa taat protokol kesehatan di masa pandemic ini.

“Saya turun langsung ke gunung sirung hari ini adalah untuk memastikan telah dilakukan langkah-langkah mitigasi bencana dan penyiapan lokasi evakuasi bencana gunung api sirung melalui sinergitas beberapa komponen yang ada di desa terdekat dan kecamatan pantar tengah. Beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi lanjut akan dibahas kemudian oleh BPBD kab alor yang akan mensinergikan beberapa hal dengan pos pengawas gunung api sirĂ¹ng, yang perlu dilakukan dalam penyiapan lokasi dan tanda-tanda jalur evakuasi sehingga memudahkan pelaksanaan evakuasi warga” tutup Kapolres. (Gitur)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait