Penting…!!, Ini yang Perlu diperhatikan Sebelum Rayakan Valentine Day

  • Whatsapp
Ilustrasi Valentine`s day (foto: ist)

Kalabahi, LENSANUSAKENARI.NET –  Valentine Day atau Hari Valentine yang lebih dikenal dengan Hari Kasih Sayang diperingati oleh sebagian orang didunia khususya Kabupaten Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada setiap tanggal 14 Februari.

Fakta membuktikan bahwa sebagian besar orang tidak mengetahui bagaimana sejarah atau kalimat Valentine Day itu muncul dan dirayakan. Padahal mereka menikmati hari itu, yang mudah berbagi kasih lewat coklat dan sebagainya sebagai bukti cinta pada pasangannya, yang jomblo menungguh siapa jodohnya atau orang spesial yang datang dihari itu untuk memberikan kado dan sejenisnya serta yang tua dan lainnya sebagian bersama orang-orang tersayang memaknainya dengan berbagai hal positif.

Bacaan Lainnya

Adapula yang tidak merayakan atau mengharamkan karena berbagai alasan tertentu

Berikut ini redaksi, mencoba merangkum dari beberapa sumber terpercaya tentang sejarah Valentine Day itu, ternyata ada dua versi perayaan. Silakan disimak ulasan singkat ini :

1 . Versi Pertama (St Valentine dan Cluadius II)

Valentine seperti namanya seorang pendeta di roma yang dipukul hingga tewas dan dipancung pada tanggal 14 Februari 278 Masehi. Ia dihukum karena menentang kebijakan kaisar Claudius II. Claudius II adalah sosok yang kejam. Ia memiliki ambisi untuk menciptakan pasukan keamanan atau tentara yang kuat sehingga pasukannya bisa bertempur dimedan perang.

Namun, pada isi lain para prajurit itu memiliki istri dan kekasih sehingga Claudius II melarang pernikahan dan pertungan di roma kala itu. Hal inilah yang ditentang oleh pendeta Valentine dan diam-diam dia menikahkan sepasang sejoli. Hali inipun diketahui oleh Claudius II sehingga Valentine ditahan dan dihukum pancung.

Kisah ini dinilai menurut sejarah bahwa adanya penuh perjuangan dan kasih sayang, bahkan sebelum kematian Valentine menuliskan surat untuk anak penjaga penjara yang telah menemaninya dengan isi surat “From Your Valentine”.

Kematian pendeta yang bernama Valentine ini menjadi inspirasi perjuangan cinta banyak orang. Sehingga jasadnya dinobatkan sebagai sosok yang suci dan disebut santo Valentine, inilah sejarah pertama hari Valentine day dimulai.

2. Versi Kedua ( Festival Lupercalia)

Sumber lainnya mengatakan bahwa hari Valentine berasalah dari festival Lupercalia yang dimana merupakan sebuah tradisi romawi kuno yang berhubungan dengan ritual seks.

Tradisi ini dinilai tidak bermoral dan tidak melambangkan kasih sayang. Namun, seiring perkembangan tradisisi ini digunakan sebagai tradisi penghormatan kepada dewa kesuburan.

Hal ini pernah ditulis oleh J.A North dalam The Journal of Romance to This volume 98 2008. Festival Lupercia ini diadakan setiap tanggal, 15 Februari sedangkan merayakan Valentine yakni sebelumnya pada tanggal 14 Februari.

Seperti itulah kedua versi tentag Valentine day atau hari hari kasih sayang. Apakah kamu akan merayakan hari kasih sayang? Versi manakah yang kamu akan gunakan sebagai acuan dan sejenis aktivitas apa?. Semoga sedikit ulasan diatas memberikan pemahaman dan acuan agar tidak salah merayakan. (red/lensanusakenari.net)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait