Penggemar Bola Voli: Pertandingan Bertajuk “Derby Pulau Pantar” Di Partai Final ZAKYMART CUP, Lontar Jaya Atau Wailawar?

oleh -58 Dilihat

Kalabahi – Partai Final kategori Putra Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP akan berhadapan antara Lontar Jaya Pantar Timur VS Wailawar City pada Minggu 12 November 2023 di lapangan mini Volleyball Kalabahi, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur akan bertajuk “Derby Pulau Pantar”. Sebab kedua klub tersebut berasal dari Pulau Pantar.

Menurut pandangan penggemar Bola Voli Demas Kay, bahwa dari awal pertandingan Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP sampai dengan pertandingan perempat final atau semifinal terkhusus untuk kedua klub Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City yang masuk partai final ini telah memberikan kepercayaan dan antusias yang tinggi kepada seluruh masyarakat lapisan Kabupaten Alor untuk menonton salah satu cabang olahraga bergengsi ini.

“Saya melihat dari sisi pemainnya untuk kedua tim saya sangat bangga karena skill dari para pemain itu rata-rata sangat bagus, dan kami merasa bangga karena dua tim ini datang dari Pulau Pantar turut partisipasi dalam kegiatan ini dan rata-rata mereka mental bertanding itu sangat bagus. Kemudian mereka menunjukkan permainan dari awal sampai dengan kemarin masuk semifinal sangat menarik simpatik dari para penonton, sehingga penonton itu tidak monoton mensupport kepada satu tim saja, tetapi setiap tim Lontar Jaya Pantar Timur bermain maupun Wailawar City bermain itu antusias penonton merata (penuh) untuk memberikan support atau dukungan, walaupun dari tim mereka ada suporter masing-masing,” ujarnya.

“Tetapi dari penonton yang ada (hadir) itu hampir Fifty-Fifty (50-50) untuk memberikan support atau dukungan,” tambah Demas.

Demas meyakini, kedua klub asal Pulau Pantar tersebut bisa tampil dan menunjukkan permainan yang pastinya membuat penonton puas dengan permainan masing-masing.

“Saya melihat dari awal mereka bertanding, kemungkinan final ini saya berharap bahwa mereka bisa mencuri perhatian kepada penonton, sehingga mereka masing-masing tim bisa menunjukkan skill dan kalau dapat itu bisa bermain sampai 5 set. Sehingga penonton bisa merasa puas. Karena ini adalah laga final, yang mana kedua tim ini sangat-sangat baik. Tidak ada yang istilah bahwa saya yang kuat jadi saya yang menang,” pintanya.

Demas membeberkan, dalam pertandingan final nanti kedua klub baik dari Lontar Jaya Pantar Timur maupun Wailawar City mempunyai tujuan yang sama yakni memenangkan pertandingan final Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP nanti.

“Kebetulan kemarin saya menanyakan kepada official (Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City) masing-masing, mereka mengatakan bahwa kami tidak pernah menganggap remeh lawan. Semua punya tujuan sama-sama mau menunjukkan yang terbaik untuk mendapatkan juara 1,” bebernya.

Demas melihat, atlit-atlit bola voli asal Pulau Pantar sangat dominan atau setidaknya keterwakilan di setiap klub yang bertanding pada Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP ini.

“Terus terang saja, dalam event (Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP) ini yang dominan dalam semua klub yang bertanding itu hampir rata-rata ada keterwakilan pemain dari Pantar. Sehingga saya menilai bahwa di Pantar ini sering menyelenggarakan pertandingan (bola voli) dan mungkin mereka sering banyak berlatih,” ujarnya.

Ditanyakan terkait prediksi kemenangan, penggemar Bola Voli itu belum memberikan jawaban yang pasti. Sebab, menurutnya, kedua tim ini yakni Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City baru bertemu pertama kali di Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP ini ada partai final nanti.

“Memang secara kasat mata mereka ini baru pertemuan pertama di partai final (Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP), tetapi dari pemain yang ada di tim Lontar Jaya Pantar Timur maupun Wailawar City ini sebelumnya mereka pernah datang bertanding di Kalabahi yang diselenggarakan oleh Kodim 1622/Alor 2 kali dalam rangka memeriahkan HUT RI (17 Agustus) dan HUT TNI (5 Oktober) ini mereka pernah menjadi satu tim, walaupun tidak semua tapi mereka pernah bersatu. Sehingga saya melihat bahwa skill pemain masing-masing mereka sudah saling tahu. Nanti kita akan melihat kedua toser yang bisa mengendalikan dan mengatur tempo atau jalannya pertandingan nanti. Toser yang akan membawa irama pertandingan nanti. Kedua tim (Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City) ini bagus. Mereka punya variasi serangan ada. Mereka punya spike yang keras,” pungkas Demas.

Dia melanjutkan, kedua tim terbaik Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City yang masuk final ini datang dari Pulau Pantar, tetapi kita harus melihat bahwa mereka tetap menjaga nama tim.

“Saya dari babak penyisihan sampai semifinal saya hadir terus. Diatas kertas memang kemarin kami sudah hitung tim dari Pantar semua pasti masuk yaitu Pailawang, Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City. Tetapi meleset, Pailawang kemarin kalah dengan Putra Maru di babak delapan besar. Sehingga diatas kertas dua-duanya (Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City) bagus. Kami belum bisa tentukan (prediksi) mana yang juara 1 atau menang di final nanti. Karena bola ini bulat dan mereka punya skill semua. Jual beli serang pasti akan terjadi. Dan saya berharap bahwa pertandingan terakhir ini yang mana mereka punya skill-skill, mereka punya strategi, mereka punya power penuh. Dan pasti mereka akan turun dengan kekuatan penuh. Dan suporter maupun penonton pasti penuh, karena kedua tim ini yang difavoritkan (juara),” ujar Demas.

“Jadi saya tidak melihat dia dari Kecamatan Pantar Timur maupun Kecamatan Pantar, tapi saya tahu bahwa kedua tim (Lontar Jaya Pantar Timur dan Wailawar City) terbaik ini mengharumkan nama Pulau Pantar ada di Kalabahi, Ibukota Kabupaten Alor di kancah pertandingan Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP,” lanjutnya.

Demas berharap, pada laga final nanti para suporter maupun pendukung bisa antusias hadir dengan memberikan semangat kepada kedua klub asal Pulau Pantar ini.

“Sebenarnya para suporter ini datang (hadir) menonton untuk memberikan support dan dukungan kepada tim. Sehingga saya berharap mereka mendukung secara profesional, dalam artian menyampaikan kata-kata, kalimat, bahasa yang baik dan tidak menyinggung perasaan. Dan memang selama ini tidak pernah ada benturan antara suporter. Karena mereka tahu bahwa mereka datang ini memberikan dukungan kepada mereka punya tim masing-masing. Kota Kalabahi ini haus hiburan, dan kita harus berterima kasih kepada ZAKYMART CUP yang sudah meluangkan waktu, tenaga, material, materi untuk menyelenggarakan turnamen pertandingan Volleyball ini. Kegiatan (bola voli) ini untuk menghibur rakyat, sehingga kita datang menonton ini sebagai orang bersaudara,” tutup penggemar Bola Voli Demas Kay.

Sekedar diketahui, Klub Lontar Jaya Pantar Timur berhasil masuk final usai mengalahkan Lise Jaya A dengan skor 3-1. Sedangkan Wailawar City menang telak atas Putra Maru dengan skor 3-0.

Rencananya pertandingan partai final Turnamen Volleyball ZAKYMART CUP ini akan disiarkan secara live streaming melalui akun Facebook LENSANUSAKENARI.NET pada Minggu, 12 November 2023 malam.

Editor: Markus Kari