Pemilihan Ketua Osis Rasa Pemilu Di SMAN Baranusa Sertakan Momen Debat Kandidat dan Pamflet suara Hati Siswa

Guru & Siswa SMA Negeri Baranusa Foto Bersama Usai Pemilihan Ketua & Wakil Ketua Osis

Kalabahi,LENSANUSAKENARI.NET, SMA Negeri Baranusa, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Ketua Osis dengan mengusung Tema “Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila Suara Demokrasi” pada Jumad (14/10/2022).

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, SMA Negeri Baranuasa merupakan sekolah pergerakan sejak tahun 2017 hingga kini dan dalam pesta demokrasi yang dilakukan di SMA N Baranusa kali ini, terkesan unik karena pemilihan ini dilakukan dengan tahapan layaknya pemilu.

Kegiatan tersebut Dibuka Secara Resmi oleh Kepala SMA N Baranusa, Basonden M Baso, S.Ag dan mendapat respon positif dari seluruh keluarga besar SMA Negeri Baranusa.

Pembina Olahraga, Adolof Bastian Mau,S.Pd dalam keterangannya, menyampaikan bahwa Kontestasi Pemilihan Ketua Osis ini diawali dengan Penjaringan Calon Ketua dan Wakil ketua oleh Panitia Penyelenggara kegiatan yang dinahkodai oleh Kasmanto Ishak.

Adolf juga menambahkan bahwa pemilihan ini dilakukan karena tanggung jawab sebagai sekolah yang memiliki Akreditasi A merasa perlu untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya menjadi anggota osis sebagai proses belajar berorganisasi di tingkat sekolah

“Kegiatan ini penting karena dengan menjadi Pengurus OSIS ternyata memiliki banyak manfaat. Misalnya mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan serta pengalaman yang berguna untuk melatih siswa/i dalam berorganisasi dan bersosialisasi di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat” Ujar Adolf

Berdasarkan hasil penjaringan yang dilakukan panitia penyelenggara terdapat 8 pasang yang telah mendaftarkan diri menjadi bakal calon Ketua dan Wakil Osis SMAN Baranusa masa bhakti 2022-2023.

Selanjutnya, paket calon yang ditetapkan kemudian diundi dengan mengambil nomor dari 1-10 secara acak, untuk menentukan nomor urut pasangan calon yang kemudian menghasilkan nama paket calon dengan nomor acak, yakni nomor 2. Nur Hafizah Lewo & Ike Kedang, paket nomor 3. Khairunisa Syarif & Sri Inang Kamore, kemudian Paket nomor 4 Nisfa Telu & Baida M, Paket 5. Sali Neneng Bara & Selfince Blegur, Paket 6. Zulkarnain Abdullah & Najwa R. Bapa, Paket 8. Nurul Khotimah TU Likur & Achriani Y. Djou, Paket 9. Siti K. Pering & Irnawati Mau, serta yang terakhir, paket 10. Farida Koly & Ayuni M Sau.

Kegiatan berlanjut dengan penyampaian visi-misi oleh delapan pasangan calon ketua dan wakil Osis secara bergiliran di panggung yang telah disediakan panitia dan dilanjutkan dengan debat kandidat sesuai nomor undian di panggung tersebut.

Adapun tujuan penyampaian visi-misi dan debat kandidat dilakukan, menurut Adolf sebagai kriteria penilaian setiap siswa untuk menentukan pilihannya

“Penyampain visi dan misi serta Debat kandidat tersebut dilaksanakan untuk menarik perhatian seluruh siswa/i dalam menentukan pilihan pemimpin Osis periode 2022/2023” Terang Pria yang pernah menjabat sebagai Wakasek Humas itu.

Menariknya, sepanjang kegiatan siswa/i peserta pemilihan membawa kertas karton yang dibuat berbentuk pamflet, salah satu yang paling menarik adalah pamflet yang di pegang salah satu siwa bertuliskan “Jika kehadiranmu bisa menurunkan SPP Maka kami akan memenangkan mu” yang ditulis dengan Huruf kapital dan dilengkapi dengan hastag “suara hati siswa” di akhir tulisan.

Agenda Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis kemudian dilakukan sehari setelah debat dan penyampaian Visi-misi. Sabtu (15/10/2022)

Kegiatan pemilihan tersebut kemudian menghasilkan suara terbanyak untuk pasangan calon ketua dan wakil nomor urut 2 yaitu Nur Hafiza Lewo sebagai Ketua dan Ike Kedang sebagai Wakil Ketua Osis yang menjadi pemenang dalam pesta Demokrasi di SMAN Baranusa tersebut.

Sesuai dengan Informasi yang disampaikan Adolof Bastian Mau,S.Pd Ketua dan Wakil Osis terpilih akan dilantik pada Senin (17/10/2022). (Gitur)

Banner IDwebhost

Pos terkait