Pasca Pilkada Serentak, GMNI Alor Ajak Dewasa Sikapi Keputusan KPU.

  • Whatsapp

Lembata,LENSANUSAKENARI.NET, Pemilihan Kepala Daerah serentak telah selesai di gelar di sekitar 270 wilayah di Indonesia. Adapun Pilkada serentak tahun 2020 ini dilaksanakan Rabu (9/12/2020) oleh 9 Provinsi, 37 Kota dan 224 Kabupaten.

Pilkada Serentak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di gelar oleh 9 dari dari 22 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni dilakukan di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Ngada di pulau Flores; Sumba Timur, Sumba Barat di pulau Sumba; Sabu Raijua, Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara (TTU) di pulau Timor.

Bacaan Lainnya

Seprianus Oko, Ketua GMNI Cabang Alor menyampaikan pelaksanaan Pilkada Serentak yang di gelar di 9 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai suatu pembelajaran  dan kedewasaan berpolitik, karena menurutnya dari saat pilkada dilakukan hingga usai tidak ada isu – isu perpecahan yang terjadi sehingga pasca pemilihan kondisi masih utuh dan damai.

“Bagi saya, Pemilihan Kepala Daerah yang digelar secara serentak kali ini oleh 9 kabupaten di Provinsi NTT dapat menjadi moument bagi kita semua untuk mendapatkan pembelajaran politik dan dewasa dalam berpolitik, hal ini karena saya melihat bahwa setiap proses dari awal pemilihan sampai usai pemilihan tidak terdengar kabar mengenai adanya perpecahan- perpecahan yang terjadi karena pemilihan Kepala Daerah tersebut”. Tutur Sepri menerangkan.

Sepri menambahkan bahwa hal inilah yang seharusnya di terapkan dalam setiap pesta Demokrasi yang di gelar di Indonesia agar seluruh masyarakat dapat menyadari penting dan nikmatnya pesta demokrasi tanpa adanya keributan – keributan dan praktek- praktek curang yang dilakukan hanya karena tidak memiliki pendidikan dan kedewasaan politik yang memadai.

“Seharusnya memang hal seperti inilah yang diterapkan dalam setiap proses demokrasi di Indonesia, karena menunjukan bahwa kita tau bagaimana bersikap dewasa dalam berpolitik, terbukti dengan dari awal pilkada sampai selesai proses pemilihan berjalan dengan baik dan tanpa ada keributan – keributan ataupun tindakan tidak terpuji lainnya yang mewarnai pilkada serentak tahun 2020 ini, tentunya dengan hal ini menunjukan bahwa kita memiliki pendidikan dan kedewasaan dalam berpolitik”. Ujar Seprianus Oko.

Sepri mengungkapkan bahwa terkait dengan hasil Pilkada yang nantinya akan disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), ia mengajak semua pihak, khususnya kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk menghormati keputusan tersebut dengan tidak menciptakan kekacauan dan keributan serta tidak ada tindakan provokasi kepada masyarakat untuk membenci dan membuat kegaduhan.

“Terkait dengan hasil Pilkada  yang akan di umumkan oleh KPU nanti marilah hal itu dihormati dan tidak membuat keadaan menjadi kacau, penuh huru- hara, kegaduhan dan membuat kekacauan jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan ataupun keinginan kita, apalagi sampai kita memprovokasi masa agar membenci atau membuat qkeqgaqduhan sungguh itu bukan lahq tindakan dari orang- orang yang memiliki kedewasaan dalam berpolitik”. Ujar Seprianus Oko

Mengakhiri keterangannya, Sepri mengungkapkan jika nanti ditemukan sesuatu yang janggal atau hal – hal yang dirasakan tidak sesuai dengan prosedur maka langkah yang tepat untuk ditempuh adalah dengan melakukan keberatan sesuai dengan yang telah diatur dalam peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia dan bukan dengan cara melakukan provokasi, pengrusakan, menyebabkan kekacauan serta keributan yang dapat meenyebabkan terjadinya perpecahan antar sesama bangsa.

“Jadi, kalau kemudian merasa ada yang janggal, ada hal yang tidak sesuai dan ada pelanggaran yang dibuat, maka keberatan lah dengan cara yang sudah diatur, yang sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku dan silahkan dibuktikan, jangan malah begitu kita merasa ada yang tidak sesuai langsung melakukan provokasi terhadap masyarakat, menciptakan kekacauan, membuat keributan dan pengrusakan hingga akhirnya dapat menimbulkan perpecahan”. Pungkas Seprianus Oko Sabtu (12/12/2020) (Gitur)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait