Ketua Panwascam Abad lantik 13 PKD

oleh -78 Dilihat

LENSANUSAKENARI.NET, Sabtu, 1 Juni 2024, Ketua Panwaslu Kecamatan Alor Barat Daya, Kondrat Karmani, SH resmi melantik 13 Panitia Pengawas Pemilihan umum Tingkat Desa dan Kelurahan Se-kecamatan Alor Barat Daya dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Kegiatan diadakan di Aula Kantor Camat Alor Barat Daya.

Dalam pelantikan yang juga dihadiri Camat Alor Barat Daya, Kapolsek Alor Barat Daya, Ketua PPK Kecamatan Alor Barat Daya, serta Lurah dan Desa se-Kecamatan Alor Barat Daya.

Ketua Panwascam, Kondrat Karmani, SH mengucapkan selamat kepada 13 Panitia Pengawas Pemilihan umum Tingkat Desa dan Kelurahan yang baru saja dilantik dan berpesan agar memegang komitmen dalam menjalankan tugas selaku Pengawas Kelurahan Desa dalam Pilkada 2024 sembari berharap mendulang sukses seperti pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

“kita harus mampu mencegah hal-hal yang mungkin saja akan menganggu jalan pesta demokrasi kali ini, mengingat kembali bahwa pada saat pemilu serentak 2024 yang telah kita lewati, Kecamatan Alor Barat Daya dapat melewati dengan sukses karena kerja profesional penyelenggara dan pengawas pemilu serta didukung dengan keterlibatan aktif masyarakat terkhususnya para pemangku kepentingan,” Tutur Kondrat.

Dengan keterlibatan semua pihak dalam mengawasi berjalanya Pilkada, imbuhnya, dapat tercapai Pilkada yang Jujur dan Adil sehingga mendatangkan manfaat baik bagi semua pihak, baik untuk diri sendiri selaku petugas pengawas Pilkada, bagi lembaga penyelenggara Pilkada, bagi negara dan bagi masyarakat secara umum.

Menurut Kondrat, dalam melakukan pengawasan semua PKD harus mengutamakan pencegahan dari pada Penindakan

“Kita harus mampu melakukan upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang dapat menyebabkan terganggunya penyelenggaraan pesta demokrasi kali ini, sebab kita bukan dilihat berhasil ketika banyak pelanggaran yang ditangani, tetapi justru dari masifnya upaya pencegahan yang dilakukan. Mencegah itu lebih baik, bagaimana cara pencegahannya? yaitu dengan melakukan pengawasan berbagai potensi pelanggaran dan segera menindaklanjuti agar tidak sampai terjadi Pelanggaran,” Tegas Kondrat

Ketua Panwacam Alor Barat Daya, mengakhiri Sambutannya dengan menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Camat Alor Barat Daya, Yapi Hinglir, S.P yang di sela-sela kesibukannya selalu bersedia mendukung kegiatan Panwascam Alor Barat Daya.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Pembekalan 13 Panitia Pengawas Pilkada Tingkat Desa dan Kelurahan Sekecamatan Alor Barat Daya, kemudian diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama. *Gitur