Kado Ulang Tahun Ke 113 Fase Nuha Kura Blangmerang 1908-2021

  • Whatsapp
Nuha kura Blangmerang1908-2021

Bunda Pertiwi ku
Tak peduli apa kata mereka tentang-mu. Kami anak-anak negeri begitu memuja-mu. Tak peduli meski sejarah tak merekam nama-mu. Kami anak-anak negeri mempercayai kisah-mu. Kisah yang tertutur dalam legenda kehidupan yang mengiringi-mu. Karena kami tahu alam-mu menyimpan sejuta misteri sejak dahulu

Bunda Pertiwi ku
Mereka yang tak tahu menyebut kisahmu hanyalah mitos. Kami anak-anak mu meyakini kisahmu justru relitas. Mereka yang sekedar lewat mengira kamu adalah sebongka pulau tanpa nilai-nilai historis. Tapi kami yang menghunimu tau dipunggungmu banyak menyimpan bukti tinggalan sejarah purbakala yang eksostis. Mereka hanya melihatmu sekilas. Lalu memberikan penilaian yang miris. Sedangkan kami memandangmu penuh optimis.

Bacaan Lainnya

Bundaku Pertiwi ku.
Banyak yang tidak tahu tentang masa lalumu di fase pra-sejarah. Kisah tentang kepemimpinan di tempat terbit Matahari Timur dunia, yang tertutur dalam legenda matahari terbit. Dengan begitu banyak bukti tinggalan sejarahnya. Baik tradisi adat budaya dilengkapi bangunan Cagar Budaya Yang selama ini terlantar dan terpampang dialam semesta.

Bunda Pertiwi ku..
Nasibmu sangatlah malang. Sejuta kisahmu kini hilang. Ditelan zaman yang terus berselang. Nestapa sejarah yang terus terulang. Menjadi negeri rebutan bangsa-bangsa dari seberang. Hadir berebut semua kekayaan dan kedikjayaan-mu yang gemilang. Merengkuh dan mengoyak menyisahkan bukti-bukti peradabanmu sebagai cerita usang. Sehinggga sulit bagi kami untuk mendaur ulang

Maafkan kami anak cucu-mu generasi masa kini. Kami tak sanggup mendaur ulang semua cerita ini. Bahkan untuk mencoba menelusurinya saja kami sering berselisi. Meski kami tahu kisah masa lalumu amatlah seksi. Tapi kami tak tahu darimana harus memulai. Karena logika kami telah terkonstruk dalam teori konspirasi kapitalisasi dan liberalisasi warisan kolonialiasasi.

Bumi Pertiwi ku..
Belakangan ini kami disadarkan karena publikasi sejarahmu. Para ilmuwan modern bertesis Dan beranalisa mengakui kepurbahkalaan-mu. Meski mereka baru menyibak misterimu pada beberapa pulau yang mengitarimu.Tetapi itu sudah meyakinkan kami tentang fase kepurbahkalaanmu.

Bunda pertiwi ku.
Berbagai publikasi sejarah itu sekarang membuka mata kami. Bahwa semua tuturan sejarah lisan leluhur kami bukan cerita basi. Bukan pula mitos tanpa alat bukti. Tetapi fakta sejarah yang berkolerasi dengan narasi ilmiah masa kini, menjadi spirit dan inspirasi agar kami menelusuri jejak-jejaknya yang semakin samar kini, setelah melampaui lorong sejarah panjang yang penuh onak dan duri.

Bunda Pertiwi ku.
Sedikit kebahagian kami setelah tahu berita kepurbahanmu. Kini Kembali terancam hilang dalam sekejap waktu. Begitu banyak ancaman kepunahan pada bukti peradaban purbakalamu, akibat keserakahan para koorporat antek kapitalis yang semakin berambisi mengeruk kekayaanmu dan kebijakan ceroboh Penguasa, yang kurang tahu Keberadaan Cagar budaya diatas punggungmu tanpa kompromi mengeruk kekayaan diperutmu dengan mengabaikan keberadaan bukti-bukti kepurbakalaan diatas punggungmu. Padahal ini adalah bukti tinggalan peradaban dunia Kutub Timur Khatulistiwa.

Doa-ku..
Semoga Tuhan Yang Maha Esa menjaga dan memelihara semua bukti-bukti Peradabanmu. Karena kekeyaan peradaban yg kau simpan dipunggungmu, bukan hanya untuk kami tetapi untuk Indonesia Dan dunia.

Baranusa 08 Agustus 2021
Karya : Alhadi Ulumando

Redaksi menerima tulisan dengan ketentuan sepert di link ini Ketentuan Kirim Tulisan

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait