Harga Sembako Meningkat. GMNI Alor Soroti Bupati Lembata

  • Whatsapp

Sekretaris GMNI Alor, Jamaludin Ilu (Kiri) & Bupati Kabupaten Lembata, Eliaser Yentji Sunur (Kanan) (Foto : Gilamo Turwin)


Lembata,LENSANUSAKENA.NET, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Alor kini sedang berada di Kabupaten Lembata guna melakukan pendistribusian bantuan logistik kepada masyarakat yang terkena dampak dari bencana erupsi gunung Ile Lewotolok.

Bacaan Lainnya

Jamaludin mengaku terkejut karena mendengar keluhan masyarakat bahwa harga sembako dan kebutuhan pokok dikabupaten Lembata mengalami peningkatan signifikan, sehingga Jamaludin menyayangkan hal tersebut karena menurutnya tidak ada kesetaraan harga kebutuhan pokok di kabupaten lembata, Jamal kemudian berharap ada warning dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata kepada setiap pedagang agar tidak ada yang memanfaatkan moument- moument tertentu untuk seenaknya memainkan harga kebutuhan pokok.

“Kehadiran kami GMNI Cabang Alor disini yaitu untuk mendistribusikan bantuan logistik kepada masyarakat Kabupaten Lembata yang menjadi Korban bencana Erupsi Gunung Ile Lewotolok/Ile Ape Kabupaten Lembata. kemudian saat pendistribusian sembako di posko- posko dan rumah masyarakat, kami mendapat keluhan dari masyarakat bahwa harga sembako di Kabupaten lembata semakin meningkat dan menjadi berbeda-beda, sehingga kami berharap kepada Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata agar dapat mengeluarkan kebijakan yang dapat menjadi warning bagi para pedagang agar tidak seenaknya memainkan harga kebutuhan pokok dan dapat menyesuaikan dengan harga sebelumnya, jadi jangan memanfaatkan moument.” Tegas Jamaludin Illu saat dimintai keterangan Kamis (10/12/2020).

Jamaludin Illu selaku Sekertasis GMNI Alor mengungkapkan bahwa perbedaan harga yang paling mencolok yaitu harga masker, telur dan beberapa kebutuhan pokok lainya yang pada awalnya beberapa hari yang lalu sebelum ada bencana erupsi gunung berapi di jual dengan harga yang lebih murah namun setelah adanya erupsi hanya dalam beberapa hari mengalami peningkatan harga yang signifikan, sehingga menurutnya perlu diberikan peringatan agar tidak ada yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari bencana yang dialami.

“Misalnya Masker sebelum erupsi harga nya masih stabil dan sama yakni di jual Rp.100.000,00/dos setelah ada bencana erupsi menjadi Rp.140.000,00 kemudian Telur Ayam yang sebelum ada bencana erupsi dijual dengan harga Rp.60.000,00 kemudian setelah terjadi bencana erupsi mengalami peningkatan menjadi Rp.65.000,00 dan terdapat beberapa kebutuhan pokok lainnya yang juga mengalami kenaikan harga setelah terjadi bencana erupsi. Sehingga kami meminta kepada Bupati Lembata agar secepatnya dikeluarkan kebijakan dan peringatan agar tidak ada lagi oknum yang dapat mengambil keuntungan dari kemalangan ini”. ujar Jamaludin Illu.

Jamal menyayangkan adanya kejadian ini karena menurutnya masyarakat yang menjadi korban bencana sudah cukup menderita karena terpaksa harus menghentikan aktivitasnya mencari nafkah, dan kehilangan tempat tinggalnya untuk sementara waktu, padahal tuntutan biaya hidup seperti kebutuhan sehari- hari dan biaya pendidikan harus juga harus dipenuhi. Jamal berharap hal ini dapat menjadi tugas bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata untuk menekan kenaikan harga sembako dan mendistribusikan bantuan guna kesejahteraan masyarakat yang menjadi korban bencana Erupsi Gunung merapi di Kabupaten Lembata tersebut.

“Tentu kita tau bahwa akibat bencana ini, masyarakat harus mengungsi ke posko- posko dan tinggal untuk sementara waktu, sehingga tentunya berbagai aktivitas pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidup pun harus di hentikan, padahal tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pokok terus ada, misalnya yang anaknya kuliah di luar daerah, atau biaya hidup sehari- hari, biaya kesehatan dan pendidikan. biaya – biaya wajib tersebut sudah sulit untuk dipenuhi dalam keadaan yang seperti ini, sehingga menjadi tugas besar untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata untuk menekan kenaikan harga sembako yang terjadi dan juga pemberian bantuan guna menunjang kesejahteraan masyarakat yang sudah menjadi korban bencana ini”. pungkas Jamaludin Ilu menjelaskan. (Gitur)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait