GMNI Alor Serahkan Sembako ke Masyarakat Ile Ape.

  • Whatsapp

Lembata,LENSANUSAKENARI.NET, Gerakkan Mahasiswa Nasional Indonesia Cabang Alor, tengah mengirim beberapa perwakilannya ke Kabupaten Lembata guna mendistribusikan bantuan terhadap korban bencana erupsi gunung Ile Ape di Kabupaten Lembata.

Diketahui sebelum melakukan pendistribusian bantuan secara langsung, sebelumnya GmnI melakukan aksi penggalangan dana selama 3 hari berturut – turut di Kabupaten Alor dan berhasil mengumpulkan dana belasan juta rupiah yang kemudian digunakan untuk membeli bantuan yang dibagikan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana di Kabupaten Lembata.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pembagian bantuan logistik kepada Masyarakat Lembata yang di lakukan oleh GmnI Alor Rabu (9/12) juga didampingi oleh beberapa Alumni GmnI yang bertempat tinggal di lembata, yang sejak awal sudah membangun kordinasi dan membantu segala proses persiapan GMNI Cabang Alor dalam melakukan aksi kemanusiaannya ini.

GMNI  Cabang Alor mendistribusikan bantuan di beberapa lokasi penanganan Korban Bencana di Kabupaten lembata yakni pada posko Utama bencana erupsi Ile Ape, beberapa posko penyangga serta beberapa rumah masyarakat yang menjadi tempat penampungan kerabatnya yang menjadi korban bencana erupsi gunung berapi tersebut. Bantuan yang diberikan oleh GmnI  merupakan kebutuhan sandang pangan yang dibutuhkan sebagai kebutuhan pokok pada umumnya yakni beras, beberapa makanan pelengkap, pakaian, peralatan bayi dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Jamaludin Illu Sekretaris GmnI Cabang Alor mengungkapkan, bahwa pemberian bantuan langsung ke masyarakat oleh GmnI Alor dilakukan agar ia dan anggotanya dapat  melihat langsung keadaan masyarakat yang berada di posko dan juga yang di tampung dirumah masyarakat. Jamalludin juga menambahkan bahwa moument tersebut juga digunakan GmnI Alor guna mengadvokasi secara langsung terkait dengan hal – hal urgen yang dibutuhkan dilapangan dan kendala- kendala yang dialami masyarakat dalam mendapatkan bantuan dari berbagai pihak khususnya Pemerintah Daerah untuk kemudian dapat diusahakan untuk dibantu dan dicari solusinya.

“Tadi GmnI sudah mendistribusikan bantuan secara langsung di posko utama, beberapa posko penyangga dan juga beberapa rumah yang dijadikan tempat penampungan kerabatnya yang menjadi korban bencana. Memang pembagian secara langsung ini agar kita dapat melihat dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat korban bencana, karena keinginan kami yaitu semua masyarakat yang menjadi korban bisa dapat bantuan secara merata, sehingga tidak ada lokasi- lokasi yang menampung masyarakat korban bencana yang tidak tersentuh. Selain itu, kesempatan ini juga kami gunakan untuk mengadvokasi secara langsung berkaitan dengan hal- hal apa yang urgen di butuhkan di lapangan  dan juga hal – hal apa yang menjadi kendala dalam pendistribusian bantuan, sehingga jangan terkesan ada bantuan bertumpuk atau tidak merata khususnya supaya yang dari Pemda setempat bisa didistribusikan secara merata, sehingga hasil dari advokasi inilah yang akan kami jadikan catatan untuk dibantu dan dicari solusinya”. Ujar Jamal menguraikan keterangan nya.

Bendahara GmnI Cabang Alor, Dina Alilamali yang di temui usai kegiatan mengungkapkan kesedihannya melihat masyarakat korban bencana yang dikunjungi begitu antusias menyambut kedatangan mereka sembari meneteskan air mata haru dan menyampaikan ucapan Terimakasih serta doa bagi ia dan anggota GmnI Alor lainnya. Dina pun menyampaikan harapannya agar masyarakat menjadi yang menjadi korban bencana dapat menjalani keadaan ini dengan kesabaran dan kekuatan. Dina juga berharap agar bantuan kecil yang di lakukan GmnI Alor ini dapat bermanfaat dan berguna bagi setiap masyarakat yang menjadi korban bencana.

“Kedatangan Kami disambut dengan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat, bahkan sebagian besar masyarakat yang kami temui itu berurai air mata mengucapkan Terimakasih kepada mahasiswa Alor yang sudah sangat peduli dengan mereka, dan bahkan dalam keadaan tertimpa bencana seperti ini mereka juga mendoakan agara apa yang kami impikan dalam perkuliahan kami dapat tercapai, sehingga tentunya hal itu membuat sedih karena dalam keadaan seperti ini terlihat jelas bahwa yang di butuhkan hanya ketulusan dan kepedulian. Sehingga saya juga berharap mereka dapat kuat dan sabar melewati semua keadaan ini dan bantuan kecil yang di berikan oleh masyarakat alor melalui GmnI yang telah kami salurkan tadi dapat bermanfaat bagi masyarakat korban bencana”. Ujar Bendahara Cabang GmnI Alor penuh harap.

Menutup wawancara nya, Jamaludin Ilu selaku Sekretaris GMNI Cabang Alor mengungkapkan bahwa langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah persiapan untuk kepulangan Ia dan Anggotanya ke Kabupaten Alor

“Selanjutnya, tentunya adalah mempersiapkan kepulangan tim ke Alor, ya tentunya akan berkordinasi dengan pelabuhan dan segala persiapan lainnya yang dibutuhkan untuk pulang ke alor. Tentunya kami akan tetap membangun komunikasi dengan senior dan teman- teman yang ada disini”. Pungkas Jamaludin Ilu. (Gitur)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait