Di Fanating Umat Kristen dan Islam Sama-sama Merayakan Natal Tahun 2021

FANATING, LENSANUSAKENARI.NET – Bulan Desember merupakan bulan penuh sukacita bagi seluruh umat Kristen di dunia khususnya di Jemaat Fanating, Kabupaten Alor.
Sukacita itu ditandai dengan Natal, merayakan Kelahiran Juruselamat Sang Penebus Dosa Umat manusia.

Menjadi cerita tersendiri ditahun 2021 kali ini, sukacita Natal di Jemaat Fanating itu tidak hanya dirayakan oleh Umat Kristen akan tetapi Umat Islam Jamaah Hizbullah Fanating pun turut mengambil bagian dalam momentum yang berbahagia bagi umat Nasrasi ini.

Bacaan Lainnya

Hal ini terlihat saat Perayaan Natal Kategorial Pemuda, Wanita GMIT dan PAR Jemaat Fanating. Uniknya pada tanggal 27 Desember 2021 pada Perayaan Natal Pemuda yang menjadi Master Of Ceremony (MC) kolaborasi dari Pemuda Kristen yang diwakili Ida Atakari dan Remaja Masjid yang diwakili Sudirman Kida. Suasana Natal menjadi berbeda seperti biasanya.

Pose bersama Pemuda GMIT Fanating dan Remaja Hizbullah Fanating

Tidak hanya itu pada perayaan Natal Perempuan GMIT Fanating 29 Desember 2021 dihadiri pula Jamaah Perempuan dari Hizbullah Fanating. Pada momentum Natal Kategorial tersebut dipadukan dengan Hari Ibu yang sempat ditunda itu. Terlihat antusias wanita GMIT Jemaat Fanating dan juga Jamaah Hizbullah Fanating pada momentum Hari Ibu seusai ibadah. Ada air mata haru para jemaat saat merayakan moment itu dimana ibu merupakan sosok wanita hebat yang menjadi panutan semua anak-anak dan suami. Terlihat para suami dan istri sedang berbagi cintah kasih, juga anak kepada orangtua dimoment yang berbahagia itu. Suasana menjadi penuh air mata, entah air mata itu diteteskan akan kebahagiaan ataupun tetesan kesedihan karena kehilangan orang terkasih dimoment bahagia itu, intinya Tuhan yang tahu akan pergumulan setiap orang. Diakhir dari acara tersebut dilaksanakan pembagian kado Natal.

Pose bersama Wanita GMIT Jemaat Fanating bersama Wanita Jamaah Hizbullah Fanating.

Tidak sampai disitu tentang toleransi itu, kebersamaan itu muncul dari anak-anak. Pada momentum perayaan Natal Pendidikan Anak dan Remaja (PAR) Jemaat Fanating pada 30 Desember 2021, kembali dihiasi anak-anak kecil berpecih dari Jamaah Hizbullah Fanating. Nampaknya mereka turut bahagia bersama teman-teman PAR GMIT Fanating.

Anak-anak dari Hizbullah Fanating dan PAR Jemaat Fanating sedang berpose bersama seusai Natal

Untuk diketahui bersama, kebiasaan seperti ini sudah terbangun sejak dahulu kala. Biasanya dalam momentum Hari Raya kedua umat saling mengunjungi membawa payaking (adat red : bungkusan). Begitupula dalam momentum kegiatan dirumah ibadah masing-masing pasti ada dapur gunung ( Nasrani red ) dan pantai ( Islam red). *Bu Will*

Pos terkait