Bapelitbang Ungkap Penanganan Jalan Rusak Di Maritaing

  • Whatsapp
Kepala Bapelitbang Kabupaten Alor, Obeth Bolang, S.Sos Bicarakan terkait penanganan Jalan Rusak dimaritaing Senin (8/2/2020). (Foto : Gitur)

Kalabahi,LENSANUSAKENARI.NET – Senin (1/2/2021) malam, bencana banjir dan longsor melanda Desa Maritaing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor.

Kondisi cuaca dengan curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir, di duga menjadi pemicu terjadinya bencana banjir dan longsor yang menghantam jalan negara ruas Kalabahi-Maritaing dan menyebabkan terputusnya ruas jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

Selain Jalan yang terputus total, bencana tersebut juga menyebabkan lebih dari 200 rumah warga terendam banjir serta sejumlah tanaman dan ternak warga terbawa banjir ke laut.
Obeth Bolang, S.Sos, Kepala Bapelitbang mengungkapkan kerusakan jalan di maritaing akibat bencana tersebut, akan di tangani sesuai kewenangan dan proporsinya.

“Jadi untuk pembangunan jalan yang terputus total akibat banjir dan longsor ditangani sesuai dengan kewenangan masing – masing, yang ruas jalan nasional akan segera ditangani balai jalan nasional, setiap tahun kan di alokasikan anggarannya, ruas jalan Kalabahi-Taramana-Maritaing.” Ujar Obet

Obet juga menambahkan bahwa pihak Pemda Kabupaten Alor sudah membangun kordinasi agar jalan tersebut di prioritaskan untuk dikerjakan

“Kita sudah berkordinasi agar jalan tersebut di prioritaskan untuk segera di perbaiki agar aktifitas masyarakat dapat berjalan lancar.” Tambah Obet

Kepala Bapelitbang, Obeth Bolang, S.Sos juga mengungkapkan bahwa selain jalan yang terputus, bencana banjir dan longsor tersebut juga menghambat aktivitas masyarakat.

“Kan selain jalan putus ada mau bangun tanggul, itu kita anggarkan, buat perencanaan supaya jangan sampai warga tu terhambat aktivitasnya, jadi ya kita perbaiki secepat mungkin.” papar Obeth

Mengakhiri keterangannya, Obeth menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah, tentunya ingin mengusahakan dan memperbaiki pembangunan berbagai fasilitas umum di Kabupaten Alor, namun tentunya hal tersebut tidak terlepas dari kewenangan yang dimiliki sehingga karena jalan tersebut merupakan jalan nasional, maka Pemda Kabupaten Alor akan aktif berkordinasi dan mensuport perbaikan jalan yang terputus.

“Tentunya Pemda ingin pembangunan nya bagus, terjaga di Kabupaten Alor, namun kembali lagi harus sesuai kewenangan jadi, karena itu jalan nasional, maka menjadi kewenangan balai jalan nasional, sehingga Pemda aktif bangun komunikasi untuk mendesak perbaikannya, dan mensuport, membantu segala hal yang diperlukan untuk mempercepat pembangunan.” Ujar Obeth Bolang

Obeth menambahkan bahwa pemerintah Daerah sudah memikirkan upaya pencegahan agar bencana banjir tidak terulang lagi, sehingga akhirnya di putuskan untuk melakukan pengerukan kali maritaing dan membangun tanggul penahan banjir di kali maritaing.

“Pemerintah Daerah tentunya telah berupaya agar bencana tersebut tidak terulang, sehingga keputusannya, sudah dibuat perencanaan untuk pengerukan kali dan membangun tanggul penahan banjir di kali maritaing.” Pungkas Obeth Bolang saat di wawancarai senin (8/2/2021). (Gitur)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait