Bantuan Wirausaha Mahasiswa Rp 25 juta, Pendaftaran Tutup Maret 2021

  • Whatsapp
Sampul Panduan Bantuan Kewirausahaan Mahasiswa

JAKARTA, LENSANUSAKENARI.NET – Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud telah Membuka Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Berdasarkan pantauan pada situs resmi https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id, Sabtu (27/02) pendaftaran tersebut sudah dibuka mulai tanggal, 8 Februari sampai 26 Maret 2021.

Program ini bertujuan untuk membina dan mendukung mahasiswa di bidang kewirausahaan dan start up. Mahasiswa yang lolos seleksi PKMI 2021 akan mendapat bantuan hingga Rp 25 juta. Terdapat 4 kegiatan utama dalam PKMI, tetapi yang mendapat dana bantuan, yaitu Kegiatan Berwirausaha Mahasiwa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). Sebagai puncak dari PKMI 2021, Kemendikbud akan melaksanakan Startup Summit dan Anugerah Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2021. Bagaimana cara mendaftar PKMI 2021?

Bacaan Lainnya

Berikut syarat dan ketentuannya, dirangkum dari Panduan PMI 2021.

  1. Mahasiswa aktif pada program pendidikan sarjana dan terdaftar di PDDikti di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  2. Pengusul adalah kelompok mahasiswa berjumlah 3–5 orang
  3. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari satu atau beberapa program studi, namun masih dalam satu perguruan tinggi yang sama dengan keahlian yang saling mendukung
  4. Mahasiswa pengusul hanya dapat mengajukan satu usulan melalui satu kelompok, baik sebagai ketua maupun anggota
  5. Setiap kelompok mahasiswa yang mendaftar dalam KBMI 2021 harus disahkan oleh perguruan tinggi

Mahasiswa penerima bantuan KBMI 2021 akan mendapatkan berbagai workshop kewirausahaan bersama para praktisi dan entrepreneur sukses di Indonesia. Mahasiswa yang lolos akan tergabung dalam Indonesia Student Entrepreneurship Network (ISEN).

Adapun bantuan pengembangan usaha dari Kemdikbud dalam bentuk uang tunai diberikan maksimal Rp 25 juta per satu usaha mahasiswa. Dana akan ditransfer melalui rekening Perguruan Tinggi tempat mahasiswa bernaung, dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pencairan dana 90% setelah pengumuman seleksi
  2. Pencairan dana 10% setelah penilaian kemajuan pelaksanaan usaha

Usulan usaha yang dapat diajukan pada program KBMI adalah usaha bukan digital atau startup dengan kategori usaha Makanan dan minuman Jasa dan perdagangan Industri kreatif Produksi/budidaya Teknologi terapan.

Demikian hal diatas, program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). Mahasiswa yang hendak mendaftar ASMI, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Aktif
  2. Peserta ASMI adalah Startup yang beranggotakan 3 – 5 orang dan merupakan mahasiswa aktif jenjang sarjana yang terdaftar di PDDIKTI pada saat pengusulan oleh Perguruan Tinggi
  3. Peserta yang sudah mendapatkan dana pengembangan pada program ASMI di tahun 2020 tidak diperbolehkan mengikuti program ASMI 2021
  4. Memiliki startup yang aktif berjalan
  5. Memiliki startup digital minimal 6 bulan dan telah memiliki web apps atau mobile apps yang sudah berjalan (contoh bukti dalam bentuk: sudah memiliki traksi, bisa diunduh dan lainnya)
  6. Memiliki pitch deck sesuai format panduan PKMI 2021

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pendaftaran ASMI:

  1. Pendaftaran dilakukan secara daring pada https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id/
  2. Proses pendaftaran calon peserta dengan mengirimkan pitch deck sesuai format yang disediakan bersama lembar pengesahan dari perguruan tinggi
  3. Verifikasi identitas peserta meliputi biodata dan status mahasiswa dengan PD- DIKTI
  4. Seleksi dilakukan secara daring oleh tim seleksi yang ditetapkan oleh Direktorat Belmawa, Kemdikbud

Program ASMI akan membuka kesempatan untuk 50 startup mahasiswa Indonesia. Mahasiswa yang lolos Program ASMI akan menerima dana pengembangan startup. Masing-masing akan mendapatkan dana pengembangan startup sebesar Rp 25 juta.

Terkait rincian dan informasi lengkap PKMI 2021, Silakan mengungjungi link resmi https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id

(kompas/wel)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait